A. Alat dan Bahan
Plat siku : 2 lonjor
Besi : 2 meter
Triplek : 1 lembar :
Pilox : 5 buah
Gerinda tangan : 1 buah
Bor : 1 buah
Pripet : 1 set
Las Listrik : 1 set
Mur dan baut : 1 dos
B. Deskripsi
Alat peraga pengajaran merupakan alat-alat yang digunakan ketika mengajar untuk membantu memperjelas materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa dan mencegah terjadinya verbalisme pada diri siswa. Belajar akan lebih efektif jika dibantu dengan alat peraga pengajaran dari pada belajar tanpa dibantu dengan alat peraga pengajaran. Berkenaan dengan pentingnya alat peraga pengajaran dalam proses belajar mengajar, kami mencoba membuat lata peraga “Proses terjadinya hujan dan siklus air”.
Tujuan dari pembuatan alat peraga ini untuk memudahkan siswa dalam memahami proses terjadinya hujan dan siklus air, sehingga proses belajar mengajar akan lebih menarik dimana alat peraga ini. digunakan untuk mata pelajaran Fisika di MAN Purwokerto 2.
Prinsip kerja alat peraga ini menunjukkan ketel listrik sebagai pemanas air untuk menghasilkan uap air dan kotak seng yang berisi es batu sebagai media pendingin menghasilkan proses kondensasi yang baik, karena jumlah uap air yang bias diubah menjadi titik embun hingga jatuh sebagai hujan mencapai 138 tetes air dibandingkan media pendingin udara dan air. Hujan ini sebagian akan meresap ke dalam lapisan tanah menjadi air tanah sebagian lagi mengalir kepermukaan bumi dan sisanya menguap. Air tanah lama kelamaan akan keluar menjadi mata air dan selanjutnya mengalir menjadiu sungai menuju danau atau kelaut. Setelah itu akan terjadi lagi pemanasan oleh matahari, sehingga proses penguapan terulang kembali ini dinamakan dengan siklus air.
Purwokerto, 21 Mei 2009
Guru Pembuat Alat Peraga
( Suparjadi, S.Pd )
Plat siku : 2 lonjor
Besi : 2 meter
Triplek : 1 lembar :
Pilox : 5 buah
Gerinda tangan : 1 buah
Bor : 1 buah
Pripet : 1 set
Las Listrik : 1 set
Mur dan baut : 1 dos
B. Deskripsi
Alat peraga pengajaran merupakan alat-alat yang digunakan ketika mengajar untuk membantu memperjelas materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa dan mencegah terjadinya verbalisme pada diri siswa. Belajar akan lebih efektif jika dibantu dengan alat peraga pengajaran dari pada belajar tanpa dibantu dengan alat peraga pengajaran. Berkenaan dengan pentingnya alat peraga pengajaran dalam proses belajar mengajar, kami mencoba membuat lata peraga “Proses terjadinya hujan dan siklus air”.
Tujuan dari pembuatan alat peraga ini untuk memudahkan siswa dalam memahami proses terjadinya hujan dan siklus air, sehingga proses belajar mengajar akan lebih menarik dimana alat peraga ini. digunakan untuk mata pelajaran Fisika di MAN Purwokerto 2.
Prinsip kerja alat peraga ini menunjukkan ketel listrik sebagai pemanas air untuk menghasilkan uap air dan kotak seng yang berisi es batu sebagai media pendingin menghasilkan proses kondensasi yang baik, karena jumlah uap air yang bias diubah menjadi titik embun hingga jatuh sebagai hujan mencapai 138 tetes air dibandingkan media pendingin udara dan air. Hujan ini sebagian akan meresap ke dalam lapisan tanah menjadi air tanah sebagian lagi mengalir kepermukaan bumi dan sisanya menguap. Air tanah lama kelamaan akan keluar menjadi mata air dan selanjutnya mengalir menjadiu sungai menuju danau atau kelaut. Setelah itu akan terjadi lagi pemanasan oleh matahari, sehingga proses penguapan terulang kembali ini dinamakan dengan siklus air.
Purwokerto, 21 Mei 2009
Guru Pembuat Alat Peraga
( Suparjadi, S.Pd )
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
The best raft titanium sites 2021 | TITaniumArts.com
TIP-TESTIC titanium ion color SOLUTIONS – babyliss pro nano titanium straightener Most commonly used for titanium coating fish, raft titanium, titanium 3d printing are used with all kinds of fish, including cormosa, titanium canteen
hannekage mengatakan...
5 Maret 2022 pukul 02.30